MODAL UNTUK USAHA WARNET

Oleh: Ahmad Gozali

(www.perencanakeuan gan.com)

Dikutip dari Harian Republika, Juni 2007

Assalamualaikum wr wb

Pak Gozali,
Saya karyawati di salah satu perusahaan provider CDMA. Tapi saya ingin punya usaha sampingan. Insya Allah, saya ingin buka usaha warnet bersama teman saya. Teman saya sudah punya usaha warnet sebelumnya dan sepertinya berhasil. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Menurut Bapak, kira-kira berapa sih modal yang harus saya keluarkan untuk usaha ini? Kata teman saya sekitar Rp 50 juta (@ Rp 25 juta). Apakah modal sejumlah itu wajar?
  2. Saya sudah membaca buku berjudul: Buka Usaha Nggak Kaya? Percuma … Di situ tertulis, jika ingin memulai usaha baru sebaiknya jangan langsung dengan modal besar. Menurut Bapak, modal Rp 25 juta masuk kategori kecil, sedang, atau besar?

Terima kasih atas penjelasan Bapak.

Luna

Jawaban:

Mbak Luna,
Hebat sekali Anda memiliki keinginan untuk menambah penghasilan dengan jalan membuka usaha. Iya juga sih, salah satu cara menambah penghasilan adalah dengan memanfaatkan sisa waktu setelah seharian Anda bekerja. Namun, sebaiknya Anda juga ikut ambil bagian dalam hal pengontrolan usaha warnet ini apabila sudah berjalan nanti.

Besar kecilnya modal tergantung dari bagaimana Anda memandangnya. Bisa jadi Rp 25 juta adalah modal yang besar dan bisa juga Rp 25 juta dikatakan modal yang kecil. Semuanya tergantung kebutuhan dari usaha yang akan dijalankan tersebut. Nah, agar tahu berapa besarnya modal usaha yang diperlukan, ada baiknya Anda membuat perhitungan kasar terlebih dahulu.

Modal usaha itu terbagi dua, modal awal dan modal operasional. Modal awal adalah sejumlah uang yang dikeluarkan pada kali pertama usaha tersebut dijalankan. Adapun modal awal ini dipergunakan untuk membeli alat-alat utama dan pendukung dalam usaha tersebut. Contohnya, satu set komputer PC (banyaknya PC tergantung dari kebutuhan, makin ramai lokasinya maka PC yang dibutuhkan makin banyak), meja dan bangku untuk tempat duduk, AC, etalase, dan lain-lain. Intinya, modal awal ini hanya sekali saja dikeluarkan di saat memulai usaha.

Modal operasional adalah sejumlah dana yang disiapkan untuk kepentingan operasional usaha warnet Anda, baik untuk maintenance peralatan, bayar listrik, air, menggaji karyawan, juga sewa tempat apabila bulanan (kalau tahunan masukkan ke modal awal saja). Untuk modal operasional ini lebih baik Anda siapkan sebanyak minimal enam bulan. Jadi, apabila dibutuhkan Rp 2 juta sebulan untuk operasional, maka Anda perlu menyiapkan minimal sebesar 12 juta untuk enam bulan ke depan.

Jadi Mbak, sebaiknya Anda benar-benar mendalami usaha warnet ini secara mendetail meskipun teman Anda sudah berkecimpung di usaha ini sebelumnya. Untuk mempelajarinya, Anda dapat membaca buku mengenai usaha warnet, browsing internet, maupun bertanya langsung kepada teman Anda secara lebih detail. Walau telah percaya kepada teman Anda, tidak ada salahnya apabila ada perjanjian di awal atas segala hal yang menyangkut usaha tersebut. Demikian, selamat berwirausaha.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

5 Komentar »

  1. diah said

    assalamualaikum..
    pak usaha yang bagus n tidak pernah mati itu bidang usahanya apa saja ya,trimaksih byk untuk infonya

  2. alesandro said

    Modal segitu berdua, cukuplah. Cuman, bayar bulanan ke providernya termasuk modal operasional apa gimana ?

  3. kalau mba jadi buka warnet aku bileh donk lamar untuk jadi karyawanya ,karena aku juga pingin tambah penghasilan, tapi aku bisanya malam karena siangnya aku kerja ,

    ini profil aku lebih lengkap, anda bisa buka fb aku yang manaya ,reno adytia

    atau email renoadytia@gmail.com

  4. Tulisan sudah lama tapi masih relevan.

  5. kredit modal untuk usaha

    MODAL UNTUK USAHA WARNET | belajarbisnis

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

