KREDIT RAMAH UNTUK BELI RUMAH

Oleh: Eko Endarto

(www.perencanakeuan gan.com)

Dikutip dari Majalah Bahana

Mas Eko,Salam kenal, nama saya Maria, 24 tahun. Saya saat ini bekerja sebagai sekretaris di salah satu perusahaan multinasional di Semarang. Beberapa hari lalu saya ditawari membeli rumah secara kredit. Yang mau saya tanyakan, apa yang harus saya perhatikan bila mengambil kredit tersebut?

Maria – Semarang

Jawaban:

Maria, Memiliki rumah adalah salah satu tujuan yang mungkin semua orang ingin capai. Bersyukurlah kalau Maria saat ini sudah diberi kesempatan untuk bisa melakukannya. Ini berarti Maria memiliki penghasilan yang cukup untuk bisa mencicil biaya pembelian rumah. Ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama, membeli dengan cara kredit adalah salah satu bentuk tanggung jawab kita dalam mengatur keuangan yang dipercayakan Allah. Pembelian secara kredit saat ini memang sangat marak. Hampir semua barang bisa diperoleh secara kredit.Ingat, kredit bukanlah tambahan uang, tapi suatu beban yang mengakibatkan berubahnya keuangan bulanan. Ini terjadi karena adanya kewajiban angsuran pokok dan bunganya setiap bulan. Karena Maria melakukan kredit pemilikan rumah, maka yang harus Maria perhatikan adalah sistem bunga yang dikenakan. Apakah sistemnya flat (tetap) atau menurun berdasarkan jumlah pinjaman.

Sistem mana pun tidak masalah, yang terpenting adalah angsurannya harus mampu di-cover Maria. Kedua, ketahui dengan jelas syarat dan ketentuan yang berlaku. Pelajari agar tidak terjadi hal yang merugikan, karena kredit pemilikan rumah, biasanya, jangka waktunya lama. Ketiga, perhatikan dan teliti kelengkapan surat-suratnya. Pastikan Maria tahu status tanah dari rumah yang ditawarkan. Ini penting agar tidak terjadi sengketa di kemudian hari.

Salam,
Eko Endarto
Perencana Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: