PINJAMAN DENGAN JAMINAN BPKB MOBIL

Oleh: Ahmad Gozali
(www.perencanakeuan gan.com)

Dikutip dari Harian Republika, Mei 2007

Assalamualaikum wr wb

Pak Gozali yang baik,
Saya pernah melihat iklan di jalan tentang jasa peminjaman uang dengan jaminan BPKB mobil pribadi. Bagaimana pendapat Bapak tentang jasa peminjaman uang dengan jaminan BPKB ini? Apa cara ini aman untuk orang yang sedang membutuhkan dana cash?

Saya memang sedang mencari dana pinjaman. Saat ini sudah punya pinjaman tanpa agunan dengan Bank Mandiri. Jadi, tampaknya tidak mungkin untuk menambah besar pinjaman tanpa agunan saya di bank tersebut. Jadi, saya berniat mengagunkan BPKB saya.

Kalau memang jasa peminjaman uang seperti ini aman bagi kami para debitor, mohon saran di mana alamat berikut nomor telepon jasa tersebut yang benar-benar aman bagi kami. Saya khawatir BPKB saya tidak akan kembali — meski saya sudah memenuhi semua angsuran yang telah disepakati — bila saya sembarangan memilih jasa peminjaman dengan jaminan BPKB seperti ini.

Terima kasih atas saran Bapak.

Arief, Bekasi

Jawaban:

Waalaikumssalam wr wb

Pak Arief,
Saat ini banyak lembaga kredit bermunculan mulai dari perbankan, leasing/multifinanc e, pegadaian, dan lain-lain. Biasanya, lembaga yang menawarkan kredit dengan jaminan BPKB mobil adalah lembaga leasing dan pegadaian. Untuk orang yang sedang membutuhkan dana mendadak sebenarnya leasing ini cukup membantu karena prosesnya cepat dan mudah. Bisa dalam waktu kurang dari satu hari, uang pinjaman sudah cair. Sayangnya, leasing ini dalam menerapkan bunga umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan bunga di bank. Selain itu, leasing juga bisa langsung menyita kendaraan kita jika tidak bisa membayar dalam jangka waktu tertentu.

Kemudian, bagaimana masalah keamanannya? Kalau memang perusahaan leasing itu mempunyai legalitas secara hukum dan mempunyai badan usaha yang jelas, sebenarnya cukup aman untuk bertransaksi pinjam-meminjam. Tetapi bila Anda ragu akan hal itu tidak ada salahnya tanyakan legalitasnya, termasuk izin operasinya sebagai perusahaan leasing.

Selain itu, Anda pun harus pastikan bahwa urusan transaksi yang Anda lakukan menggunakan sistem perjanjian hitam di atas putih atau menggunakan materai dan segel sehingga mempunyai kekuatan hukum. Bila memang Anda masih sangat ragu-ragu, saran saya pinjamlah di perusahaan leasing terkemuka yang selama ini sudah Anda kenal, apalagi jika sebelumnya Anda membeli kendaraan tersebut dengan cara leasing. Biasanya perusahaan leasing memiliki layanan refinance (kredit kembali), tentunya dengan syarat yang sangat mudah karena Anda sudah menjadi nasabah mereka. Atau kalau memang masih ragu, Anda bisa pilih pegadaian saja. Pegadaian juga menggunakan agunan BPKB (kalau tidak salah namanya kredit KREASI). Tentu saja masalah legalitas ini tidak perlu dipersoalkan lagi karena pegadaian adalah lembaga keuangan resmi milik pemerintah.

Tapi hal yang paling penting untuk diperhatikan sebetulnya adalah kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman tersebut. Karena sebelumnya Anda sudah memiliki kredit tanpa agunan, saya khawatir kondisi keuangan Anda malah makin terbebani dengan adanya pinjaman baru tersebut. Apakah pinjaman ini bisa Anda tunda sampai pinjaman sebelumnya lunas? Jika tidak bisa ditunda, apakah Anda memang mampu membayar cicilannya? Jika ya, silakan berhutang.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: