INGIN MELUNASI 6 KARTU KREDIT

Oleh: Ahmad Gozali
(www.perencanakeuan gan.com)

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Dear Pak Gozali,

Saya memiliki 6 kartu kredit, dan saya sudah mulai berat walau hanya membayar minimum paymentnya. Saya tertarik dengan fasilitas transfer balance ke satu kartu kredit agar lebih mudah.

Pertanyaan saya :

1. Apakah ada bank yang memberikan fasilitas untuk melunasi seluruh kartu kredit dan diubah menjadi satu tagihan tetap per bulan? Jumlah total saldo saya +/- 25jt. Jika ada bisakah memberikan referensinya.

2. Keenam kartu saya sudah hampir mencapai limit dan selama ini hanya saya bayarkan minimum saja, apakah berpengaruh pada approval pihak bank yang akan memberikan fasilitas transfer balance?

3. Saran dan ide yang mungkin berguna bagi saya menghadapi masalah ini.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya.

Regards,
Adi

Jawaban:

Saya turut prihatin akan masalah hutang Anda. Memiliki 6 kartu kredit memang cukup merepotkan dan akan membebani Anda. Jumlah cicilan yang ditanggung per bulan seakan-akan tidak pernah habis. Sebenarnya saldo tagihan kartu kredit berkurang secara bertahap walaupun kita hanya membayar sejumlah minimum payment dari tagihan kartu kredit. Namun kemajuan dari pengurangan saldo kartu kredit tersebut berjalan lambat dan tidak terasa. Apalagi jika tagihan kartu kredit tersebut terlanjur membengkak. Karena itu sangat dibutuhkan kesabaran, kedisiplinan, kemauan yang kuat serta rencana yang jitu untuk pelunasan seluruh hutang kartu kredit.

Adapun jawaban dari pertanyaan Anda sebagai berikut :

1. Anda bisa memanfaatkan program transfer balance berbunga rendah dari beberapa bank penyelenggara kartu kredit. Yang menarik, program transfer balance saat ini menawarkan bunga yang jauh lebih rendah bahkan ada yang bebas bunga selama periode tertentu. Pindahkan seluruh tagihan kita saat ini, ke bank yang menyelenggarakan program transfer balance kartu kredit tersebut. Dengan demikian maka kita akan menyatukan seluruh tagihan kartu kredit kita ke dalam satu kartu kredit dengan bunga yang jauh lebih rendah. Program transfer balance banyak ditawarkan dengan jangka waktu tertentu misalkan 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Jadi sesuaikan kemampuan keuangan kita dan pilihlah yang paling cocok dengan jangka waktu tersebut. Apabila ini dilakukan, maka beban keuangan kita akan menurun, bahkan mungkin kita dapat memiliki napas lebih besar untuk segera dapat melunasi seluruh tagihan. Saya rasa banyak bank yang saat ini menawarkan fasilitas transfer balance sesuai dengan yang Anda inginkan, salah satunya adalah Bank Permata.

2. Biasanya para analis kartu kredit program transfer balance akan melihat track record pembayaran kartu kredit kita Jika analis tersebut melihat sejarah kartu kredit kita cukup baik, dalam arti minimal selalu membayar jumlah minimum pembayaran secara tepat waktu maka biasanya mereka akan mengabulkan permohonan kita. Para analis kartu kredit akan mengetahui sejarah kartu kredit kita karena di antara bank dan lembaga keuangan tersebut saling bertukar informasi. Mereka akan mengetahui informasi mengenai track record kita terhadap kartu kredit seperti mengenai berapa banyak kartu kredit yang dimiliki, berapa seluruh tagihan kartu kredit, bagaimana kita dalam membelanjakan kartu kredit, bagaimana pola pembayaran cicilan, apakah selalu membayar tepat waktu atau bahkan selalu telat? Maka dari itu usahakan agar kita selalu dapat membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu. Jumlah pembayaran minimum tidak menjadi persoalan asalkan dilakukan tepat pada waktunya.

3. Solusi lain untuk mengatasi masalah Anda :

a. Bila Anda mempunyai asset pribadi bisa dijual untuk menutupi hutang kartu kredit Anda.
b. Bila tidak punya asset solusi lain adalah memperbesar penghasilan Anda. Bila penghasilan sudah meningkat maka cicilan hutang bisa diperbesar sehingga mempercepat pelunasan. Demikian juga jika ada kelebihan rezeki utamakan untuk melunasi hutang kartu kredit ini .
c. Berhenti menambah jumlah hutang dan stop pemakaian kartu kredit selama belum lunas pembayarannya.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: