Tentukan Standar Biaya Hidup Pensiun yang Anda inginkan kelak

Oke, setelah Anda menentukan kapan Anda ingin pensiun, langkah berikutnya adalah dengan menentukan berapa Standar Biaya Hidup Pensiun yang Anda inginkan. Sebagai contoh, pada saat ini Standar Biaya Hidup Anda adalah Rp 2 juta per bulan. Nah, bila Anda pensiun dalam waktu 20 tahun mendatang, apakah Anda tetap menginginkan Standar Biaya Hidup yang sama seperti sekarang? Atau malah lebih tinggi? Atau justru malah lebih rendah?

Mungkin Anda berpikir, harga-harga kan naik terus setiap tahun? Mana bisa saya memperkirakan berapa Standar Biaya Hidup saya kelak? Oke, anggap saja harga-harga tidak naik. Anggap saja dalam 20 tahun mendatang harga barang dan jasa tidak mengalami kenaikan. Yang bertambah cuma umur Anda. Bila memang demikian, apakah Standar Biaya Hidup Anda tetap akan Rp 2 juta per bulan dalam 20 tahun mendatang?

Oke, kita hitung sedikit: dalam 20 tahun mendatang, bisa saja anak-anak Anda sudah mandiri. Anda sudah tidak bekerja lagi dan tidak perlu lagi harus keluar banyak uang untuk transportasi kan? Mungkin Biaya Hidup Anda malah turun. Yang naik mungkin adalah Biaya Kesehatan seperti check up dokter. Dan Anda kan juga musti senang-senang setiap satu minggu sekali kan? Kalau begitu, ketika Anda pensiun nanti, ada baiknya apabila Anda hidup dengan Standar Biaya Hidup yang lebih tinggi dibanding Standar Biaya Hidup Anda sekarang. Kalau Standar Biaya Hidup Anda sekarang adalah Rp 2 juta per bulan, maka ketika Anda pensiun 20 tahun mendatang, Anda mungkin harus hidup dengan Standar Biaya Hidup sebesar – katakan – Rp 5 juta per bulan. Nah Standar Biaya Hidup ketika Anda pensiun itu kita sebut dengan Standar Biaya Hidup Pensiun. Sekali lagi, itu semua dengan asumsi bahwa harga barang dan jasa tidak naik dalam 20 tahun mendatang.

Tapi tidak mungkin kan? Tidak mungkin harga barang dan jasa tidak naik. Pasti naik dong. Entah 10% per tahun, 20% per tahun, dan seterusnya. Bila demikian, maka angka Standar Biaya Hidup Pensiun yang Rp 5 juta tadi adalah Standar Biaya Hidup dengan nilai uang sekarang.

Ini berarti, bila Anda harus hidup dengan Standar Biaya Hidup Pensiun sebesar Rp 5 juta per bulan menurut nilai uang sekarang, maka ketika pensiun nanti, Anda membutuhkan Penghasilan Pensiun sebesar – minimal – Rp 5 juta juga. Jadi rumusnya adalah:

Penghasilan Pensiun = Standar Biaya Hidup Pensiun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: