Tentukan Pada Umur Berapa Anda Ingin pensiun?

Yang pertama-tama harus Anda lakukan adalah dengan menentukan terlebih dahulu kapan Anda ingin pensiun. Apakah pada usia 60 tahun, 55 atau 50 tahun?

Tidak ada rumusan yang pasti tentang kapan seseorang harus pensiun. Ini karena pada umumnya setiap orang memiliki keinginan yang berbeda-beda. Mungkin ada orang yang tidak ingin bekerja lagi ketika ia tua. Tetapi ada juga yang masih ingin bekerja ketika ia sudah berumur 60 sekalipun.

Sebagai informasi untuk Anda, pensiun bukan berarti bahwa Anda tidak boleh bekerja lagi. Tetapi disini, definisi pensiun adalah kapan Anda tidak ingin lagi bekerja untuk uang. Sebagai contoh, pada saat ini Anda berumur 30 tahun. Sehari-hari Anda bekerja dan mendapatkan penghasilan serta hidup dari penghasilan tersebut. Kemudian, Anda menetapkan untuk pensiun pada umur 50 tahun. Ini berarti, Anda berkeinginan untuk tidak lagi bekerja untuk uang pada umur 50 tahun. Jadi, kalaupun Anda masih bekerja, tujuannya bukan untuk uang, melainkan – mungkin – sekedar untuk hobi.

Jadi sekali lagi, tentukan pada umur berapa Anda ingin mencapai financial independence, yaitu tetap bisa mendapatkan penghasilan walaupun tidak lagi bekerja. Kalaupun Anda bekerja, itu karena Anda memang melakukannya bukan untuk uang.

Hanya saja, Anda harus realistis dalam menentukan Usia Pensiun Anda. Masak bila pada saat ini anda berusia 35 tahun, tidak punya persediaan dana yang cukup, tetapi ingin pensiun pada umur 40 tahun, maka ini berarti keinginan Anda untuk pensiun pada umur 40 tahun tidak realistis kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: