Tentukan Income Pensiun yang Diinginkan

Tadi telah dikatakan bahwa Anda ingin hidup dengan Standar Biaya Hidup Pensiun sebesar Rp 5 juta per bulan menurut nilai uang sekarang. Ini berarti, uang tersebut -0 apabila dibelanjakan dengan standar pada saat ini – bisa untuk membeli barang dan jasa yang total nilainya mencapai Rp 5 juta pada saat ini.

Dalam 20 tahun, tentu saja harga barang dan jasa akan naik. Pertanyaannya, akan menjadi berapa Biaya Hidup Rp 5 juta pada saat ini dalam 20 tahun mendatang? Jawabannya adalah tergantung berapa persen kenaikan harga barang dan jasa setiap tahunnya. Kenaikan harga barang dan jasa ini disebut dengan istilah inflasi.

Sulit memang meramalkan berapa persen inflasi yang akan terjadi setiap tahunnya. Namun demikian, cara yang paling aman adalah dengan menggunakan sebuah asumsi. Dengan menggunakan asumsi, maka kita bisa memperkirakan akan menjadi berapa nilai Rp 5 juta pada saat ini dalam 20 tahun mendatang.

Sekarang, berapa persen asumsi inflasi yang sebaiknya digunakan?

Inflasi sendiri bisa terbagi ke dalam 3 golongan besar:

Inflasi Moderat (yang besarnya dibawah 10% per tahun)

Inflasi Ganas (yang besarnya 10% – 99% per tahun)

Inflasi Hiper (yang besarnya 100% keatas)

Saran saya, bila pensiun Anda masih cukup lama, maka ada baiknya apabila Anda hanya menggunakan asumsi inflasi sebesar 10% per tahun. Ini adalah angka rata-rata yang bisa Anda gunakan, dan asumsi angka tersebut menurut saya cukup konservatif. Selama masa pemerintahan Orde Baru misalnya, pemerintah Orde Baru menekan angka inflasi menjadi di bawah 2 digit (di bawah 10% per tahun). Tahun 1998, inflasi sempat mencapai sekitar 80%, sebelum akhirnya menjadi di bawah 10% lagi pada tahun 1999 dan 2000. Jadi sekali lagi, dalam jangka panjang, angka rata-rata inflasi sebesar 10% per tahun – di Indonesia – adalah konservatif dan cukup ‘aman’ apabila digunakan sebagai asumsi.

Sekarang, dengan menggunakan kalkulator sederhana di bawah ini, mari kita hitung akan menjadi berapa Standar Biaya Hidup Pensiun yang Anda inginkan saat ini, ketika pensiun Anda tiba kelak:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: