Menentukan Investasi yang Tepat

Kita asumsikan saja Anda menggunakan asumsi Hasil Investasi (lihat tabel asumsi hasil investasi) sebesar 30% per tahun. Sekarang pertanyaannya adalah, produk investasi apa yang bisa memberikan Hasil Investasi sebesar itu ?

Produk Investasi Pendapatan Tetap (fixed income investment), yaitu produk investasi yang sudah pasti memberikan pendapatan (biasanya disebut bunga), dan uang yang Anda diinvestasikan tidak akan berkurang nilainya. Contoh : Deposito dan Tabungan di Bank.

Produk Investasi Pertumbuhan (growth income investment), yaitu produk investasi yang tidak memberikan hasil pasti berupa bunga, tetapi hanya memberikan hasil apabila dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. Contoh : saham, emas, rumah, barang-barang koleksi, mata uang asing. Risiko produk seperti ini adalah uang yang Anda invesatasikan bisa berkurang nilanya apabila produk investasi itu dijual dengan harga yang lebih rendah dibanding dengan harga ketika Anda membelinya.

Jadi bisa dilihat bahwa growth income investment lebih berisiko daripada fixed income investment. Tetapi dari pengalaman, growth income bisa memberikan keuntungan yang jauh lebih besar daripada yang fixed income. Hanya bedanya, produk investasi fixed income sudah pasti memberikan keuntungan.

Jadi jika kita kembali pada pertanyaan Anda, yaitu : produk investasi apa yang bisa memberikan Hasil Investasi sebesar yang Anda inginkan? Jawabannya adalah : lihat dulu, apakah ada produk fixed income investment yang bisa memberikan hasil investasi seperti yang Anda inginkan, Bila ada, gunakan produk tersebut. Tetapi bila tidak ada, maka gunakanlah produk growth income dan berusahalah agar Anda bisa mencapai hasil investasi yang Anda targetkan.

Sebagai contoh, Anda menggunakan asumsi Hasil Investasi 30% per tahun. Untuk memilih produk invesatasi yang tepat bagi Anda, maka Anda harus mencari terlebih dahulu apakah ada produk fixed income yang memberikan hasil 30% per tahun. Contoh produk fixed income adalah Tabungan di Bank. Nah, bila ada Tabungan di Bank yang memberikan hasil investasi 30% per tahun (setelah pajak), maka gunakan produk tersebut. Tetapi bila tidak ada, maka Anda harus berinvestasi ke produk growth income, dan berusaha agar Anda bisa mencapai hasil 30% tadi. Artinya, Anda mungkin harus lebih rajin melakukan evaluasi setiap tahunnya.

Tentunya tidak setiap tahun produk investasi growth income akan memberikan hasil yang Anda inginkan. Di tahun pertama, mungkin hanya memberikan 20%. Di tahun kedua, 30%. Di tahun ketiga 10%. Mungkin juga ada yang minus. Tetapi, yang terpenting bagi Anda adalah bahwa produk tersebut bisa memberikan Hasil Investasi sebesar 30% per tahun secara rata-rata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: