PERIJINAN PENDIRIAN APOTEK DAN APOTEK WARALABA

Oleh: Ahmad Gozali
(www.perencanakeuang an.com)

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Saat ini saya ingin membuka usaha apotek, tapi saya tidak mempunyai latar belakang dari bidang farmasi. Latar belakang saya adalah dibidang Biro Perjalanan Wisata dan saya sempat bekerja di Bidang Tour selama 4 tahun dengan jabatan terakhir adalah Tour Manager. tetapi karena rasa bosan dan jiwa wiraswasta, saya ingin membuka usaha di bidang apotek.

Yang ingin saya tanyakan adalah:
– untuk pendirian sebuah apotek, ijin apa saja yang diperlukan?
– apabila untuk membuka apotek waralaba berapa dana yang saya butuhkan?
– apotek waralaba apa yang menurut bapak cukup bagus?

Terima kasih dan saya tunggu saran dari Bapak.

Yayang Yohanes ~ Jakarta

Jawaban:

Waah, sangat salut saya dengan Anda, memiliki jiwa wiraswata dalam diri Anda, karena wiraswasta ini memang gampang gampang susah. Namun sesuai kata pepatah, dimana ada keinginan pasti ada jalannya.

Untuk mendirikan sebuah apotek memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemiliknya, khususnya dalam hal legalitas nya. Untuk itu, ijin usaha memang diperlukan untuk diurus. Bagaimana dan ke mana mengurusnya? Tak usah pusing-pusing, Anda cukup mendatangi kantor dinas perdagangan dan industri setempat dimana Anda ingin mendirikan apotek. Nanti Anda akan diberikan syarat-syarat yang harus Anda penuhi dalam pengurusannya. Biasanya akan memakan waktu antara seminggu sampai satu bulan. Selama pengurusan ijin usaha, Anda juga sudah bisa menjalankan apotek Anda, jadi tidak perlu menunggu sampai ijin usaha selesai.

Perlu diperhatikan, Anda juga harus mendaftarkan apotek Anda pada dinas kesehatan setempat untuk di regristrasi kepemilikan atas apotek Anda. untuk mendirikan suatu apotek, tentu usaha Anda harus memiliki bentuk usahanya, entah itu CV ataupun PT. Untuk mengurus hal itu Anda dapat meminta bantuan notaris, dan biasanya, notaris juga bisa sekaligus menguruskan perizinannya.

Untuk waralaba apotek, dana yang diperlukan bermacam-macam yang ditawarkan. Namun, setahu saya ada dua waralaba yang bermain diusaha apotek ini, dan juga biaya untuk waralaba ini cukup besar. Hal ini mengingat barang dagangan di apotek jumlahnya sangat banyak macamnya dan harganya pun tidak bisa dikatakan murah.

Untuk mengetahui bagus tidaknya, Anda bisa lihat seberapa lama waralaba tersebut telah berdiri, adanya chain atau hubungan antar apotek-apotek dalam satu induk waralaba dan juga banyaknya konsumen yang datang pada apotek tersebut. Caranya? Anda perhatikan dan datangi saja apotek yang Anda inginkan sesuai dengan keinginan Anda tersebut.

Semoga sukses.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

1 Komentar »

  1. tamasolusi said

    Terimakasih infonya….bookmark dulu…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

