REKSA DANA DAN PEMULA

Oleh: Ahmad Gozali
(www.perencanakeuangan.com)

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Saya sangat tertarik berinvestasi di Reksa Dana. Pertanyaan saya:

1. Bagaimana memulai berinvestasi di Reksa Dana? (langkah-langkahnya)
2. Berapa biaya minimal yang diperlukan untuk invest di sini?
3. Perusahaan penerbit Reksa dana mana yang baik/ disarankan?

Adiyan R. Singarimbun — Bekasi

Jawaban:

Pak Adiyan, senang sekali melihat antusiasme Anda untuk berinvestasi dalam produk reksa dana. Berikut ini penjelasan saya atas pertanyaan yang Anda ajukan:

1. Langkah-langkahnya mudah saja. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi perusahaan manajer investasi atau agen penjual reksa dana. Mintalah prospektus dari reksa dana yang Anda minati dan pelajari prospektus tersebut. Jika Anda cukup puas dengan prospektus dan penjelasan mereka, Anda bisa langsung mengisi formulir pembukaan rekening dan mentransfer sejumlah uang untuk investasi awal. Anda akan menerima konfirmasi pembukaan rekening dalam waktu beberapa hari dan mendapatkan laporan pengembangan dana setiap bulannya. Untuk selanjutnya, Anda bisa langsung mentransfer dana untuk investasi tambahan tanpa perlu mengisi formulir pembukaan rekening lagi. Untuk beberapa manajer investasi, penambahan investasi ini bahkan bisa dilakukan melalui internet atau ATM.

2. LInvestasi awal yang disyaratkan untuk membuka rekening reksa dana relatif kecil dan beragam. Beberapa reksa dana bisa dibuka dengan saldo awal Rp 250.000,- sementara ada juga menetapkan saldo awal Rp 1.000.000 atau Rp 5.000.000,-. Namun ada juga agen penjualan yang hanya melayani pembukaan rekening dengan nilai minimal Rp 50.000.000,-. Sementara untuk investasi selanjutnya, bisa dilakukan dengan nilai yang lebih kecil lagi, yang paling kecil adalah Rp 100.000,- per transaksi. Sementara yang lainnya menetapkan batas Rp 1.000.000,- per transaksi.

3. Kriteria reksa dana yang baik bisa berbeda bagi setiap orang, dan tidak etis juga bagi kami untuk merekomendasikan salah satu reksa dana tertentu. Bagi investor pemula, terkadang yang dimaksud reksa dana yang terbaik adalah yang bisa dibeli dengan nilai minimal yang kecil. Bagi sebagian investor, bisa jadi reksa dana yang baik adalah yang bisa dibeli melalui ATM agar bisa dengan mudah menambah nilai investasi. Kelebihan dan kekurangan reksa dana ini bisa Anda pelajari pada prospektusnya. Saran saya pak, minta beberapa prospektus reksa dana agar Anda bisa memilih yang terbaik menurut Anda. Sedangkan untuk menilai kinerja mereka selama ini, Anda bisa melihat perkembangannya pada beberapa media cetak nasional atau situs internet Bapepam.

Salam,
Ahmad Gozali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: