APAKAH KTA BENAR-BENAR ADA?

Oleh: Ahmad Gozali
(www.perencanakeuangan.com)

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Dengan hormat, suami saya membuka usaha dibidang jasa, yaitu Freight Forwarder yang mencangkup jasa angkutan international dan domestik. Usaha kami baru berjalan sekitar 7 bulan. Modal kami kurang lebih Rp. 200 juta.

Sebenarnya kami telah menggeluti bidang ini lebih dari 3 tahun. Waktu itu kami bergabung dengan suatu perusahaan, kami sebagai investor juga marketing di perusahaan tersebut. Tetapi ketika perusahaan dalam keadaan baik (laba yang diperoleh banyak), ada satu kepincangan dalam keuangan, dimana pemilik rekening perusahaan mengambil 80% jumlah rekening yang ada tanpa persetujuan kami. Kesalahan kami waktu itu adalah tidak ikut membubuhkan tanda tangan dalam specimen. Setelah kejadian tersebut, kami memisahkan diri dengan mereka walaupun hanya modal kami yang kembali.

Saat ini, order kami mulai banyak, namun kami mengalami sedikit gangguan dalam keuangan (cash flow) karena kami memberikan credit term kepada customer kami. Kami membutuhkan tambahan dana. Kami sudah mencari informasi mengenai pinjaman/ kredit usaha, namun semua harus menggunakan agunan.

Yang saya ingin tanyakan, apakah program kredit tanpa agunan itu benar benar ada? Dimana saya bisa memperoleh pinjaman tersebut untuk perusahaan kami?

Terima kasih,

Tammy — Jakarta

Jawaban:

Ibu Tammy, senang sekali menerima e-mail dari Anda.

Saya cukup prihatin juga dengan permasalahan yang Anda hadapi dengan usaha Anda sebelumnya. Itulah resiko dalam bisnis, yaitu kepercayaan. Tapi saya yakin, dengan kemampuan Anda berdua, Anda bisa bangkit kembali bahkan bisa lebih sukses daripada sebelumnya. Hal ini terbukti dengan usaha Anda sekarang ini yang sudah semakin maju.

Namun tentunya kemajuan usaha juga musti dibarengi dengan modal yang memadai. Hal ini diperlukan karena strategi usaha Anda yang memberikan kelonggaran pembayaran pada konsumen. Tentu saja dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen juga. Yang pada akhirnya, meningkatkan profit perusahaan Anda. Masalahnya sekarang, bagaimana caranya menambah modal tersebut?

Kredit usaha memang lazimnya meminta Anda untuk menyediakan agunan sebagai salah satu jaminan. Hal ini diperlukan untuk memberikan kepercayaan yang lebih besar pada bank untuk memberikan kreditnya pada suatu usaha. Tapai tidak usah khawatir, kredit tanpa agunan yang tanyakan itu memang benar ada kok. Kredit Tanpa Agunan, atau yang biasa disebut KTA, memang betul-betul ada. Yang dimaksud dengan KTA adalah fasilitas kredit jangka pendek yang diberikan kepada individu yang memiliki penghasilan tertentu dengan tanpa menyertakan agunan.

KTA ini ditujukan untuk individu, bukan untuk perusahaan. Sehingga Anda harus mengajukannya atas nama Anda atau suami Anda secara pribadi, bukan atas nama perusahaan Anda. Jangka waktunya sendiri termasuk pendek yaitu maksimal 3 tahun. Biasanya konsumen diberikan pilihan untuk melunasinya dalam jangka waktu 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun. Sementara besaran plafondnya sendiri beragam bergantung dari penghasilan Anda sendiri. Beberapa bank yang menyediakan fasilitas KTA diantaranya yaitu: HSBC, Standard Chartered, ABN Amro, dan lain-lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: