Ide Bisnis Muncul Ketika Sedang Jalan-jalan

2005-09-26 10:53:52

Nama : Jackie Ambadar
Perusahaan : Le Monde
Jabatan :
Alamat : .
Jakarta, .
DKI Jakarta

Sebenarnya, ide untuk mengembangkan Le Monde ini muncul ketika saya jalan-jalan ke Australia dan melihat sebuah toko perlengkapan bayi.

Dari situ terbersit keinginan untuk mengembangkan usaha pakaian anak. Karenanya, bermodalkan uang Rp 900 ribu dan dua buah mesin jahit, pada awal 1980-an bersama tiga saudara: Nina, Ida dan Soraya, serta dua orang karyawan, saya mulai merintis usaha memproduksi perlengkapan bayi yang diberi merek Le Monde.

Le Monde ini pertama kali dijajakan di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. Ketika itu barang yang dipajang langsung diborong salah seorang istri pejabat. Sejak itu, bisnis keluarga ini mulai berkembang. Untuk memperkuat legalitas Le monde, pada 1982 dibentuk PT Lembanindo Tirta Anugrah (LTA).

Rupanya respon pasar terhadap produk Le monde cukup bagus. Terbukti, setiap tahun penjualan mampu bertumbuh 30%-50%. Boleh jadi karena bisnis ini merupakan kebutuhan dasar bagi setiap keluarga yang mempunyai bayi, sehingga prospeknya akan terus terbuka. Tak hanya itu, sejak 1986 Le Monde juga sudah mampu menembus pasar ekspor. Produk perlengkapan bayi yang terdiri dari toweling (bahan handuk), apparel, tempat tidur bayi hingga beraneka macam asesoris ini sudah diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara, Australia, Jerman hingga negara-negara Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Di dalam negeri pun saya terus memperkuat dan melebarkan jangkauan bisnis Le monde. Saat ini, dengan lebih dari 100 item (SKU) range produk yang dimiliki, produk Le monde bisa dijumpai di lebih 100 outlet yang tersebar di berbagai dept store di seluruh Indonesia, seperti Sogo, Metro, Pasaraya, Sarinah, Keris Galery, D’Best, Yogya, Matahari Dept. Store dll. Juga sudah tersebar di 11 gerai Le Monde Baby’s World, yakni di Jakarta, Bogor, Bandung, Malang dan Medan. Rata-rata per outlet mampu membukukan penjualan sebesar Rp 100 juta sampai Rp 150 juta per bulan. Secara keseluruhan, dengan total karyawan mencapai 1000 orang, sampai akhir 2003 kami sudah mampu membukukan omzet sebesar Rp 13 milyar.

Sejak 2002, saya pun mulai membuka peluang kerjasama dalam bentuk bisnis waralaba. Le Monde diwaralabakan karena cara ini merupakan strategi marketing untuk memperluas channel of distribution. Kini sudah ada 4 Le Monde Baby’s World dalam bentuk waralaba.

Pengalaman ini mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi (calon) pengusaha untuk menjadi enterpreuner tangguh.

(Berdasarkan wawancara A. Mohammad BS dengan Jackie Ambadar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: