INGIN USAHA SAMPINGAN AGAR BISA MENABUNG

Oleh: Ahmad Gozali

(www.perencanakeuan gan.com)

Dikutip dari Harian Republika, September 2007

Assalamualaikum wr wb

Pak Gozali,
Saya rutin membaca rubrik yang Anda asuh ini dan akhirnya saya memutuskan untuk ikut bertanya seputar masalah yang sedang saya hadapi. Saya seorang operator di sebuah warnet. Saat ini, saya sedang bingung untuk mencari usaha sampingan agar bisa menabung karena saya harus membiayai adik saya yang masih sekolah, juga membantu orangtua.

Penghasilan saya Rp 750 ribu per bulan. Untuk adik dan orangtua, biasanya saya kirim Rp 400 ribu per bulan karena saya kasihan orangtua tidak mempunyai pekerjaan tetap, sedangkan sisanya saya pakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mohon pencerahannya.

Sulasmi, Tangerang

Jawaban:

Mbak Lasmi,
Saya mengerti sekali dengan masalah yang sedang Anda hadapi saat ini, yakni keterbatasan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi, saya pun bangga dengan Anda. Dengan penghasilan yang sangat terbatas, Anda masih dapat menyisihkan lebih dari setengahnya untuk membantu orangtua dan kebutuhan adik Anda. Apabila semua hal itu Anda lakukan dengan ikhlas, saya yakin Anda akan memperoleh balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Keinginan dan usaha keras Anda untuk mempunyai usaha sampingan agar bisa menabung sangat saya hargai. Sebab, zaman sekarang memang akan lebih mudah jika kita memiliki lebih dari satu sumber penghasilan, sehingga kita bisa meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik lagi. Pada dasarnya, prinsip dalam memilih usaha gampang kok Mbak. Usaha apa pun yang akan dipilih apabila kita bisa dan mampu untuk menjalankan dan memasarkannya pasti sukses. Sebab, keberhasilan usaha itu kan masalahnya ada atau tidak orang yang mau menghargai usaha kita sesuai dengan yang kita mau.

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mencari usaha sampingan. Pertama masalah waktu. Saat ini, Anda sudah bekerja dengan waktu kerja tertentu yang mungkin sudah tetap dan tidak bisa diubah. Berarti, usaha sampingan yang nanti akan Anda jalankan mesti dilakukan di luar waktu kerja sekarang agar tidak mengganggu. Contohnya, seperti usaha bisnis jaringan atau yang dikenal dengan MLM.

Melalui usaha seperti ini, Anda tidak perlu menyita banyak waktu. Namun, yang perlu Anda lakukan adalah membangun jaringan yang baik agar dapat berjalan dengan sempurna. Kedua, pilihlah usaha yang sesuai dengan hobi, latar belakang, bakat atau keahlian yang Anda miliki saat ini. Dengan berbekal hal tersebut, diharapkan Anda tidak jenuh dalam menjalankan usahanya. Mengapa? Namanya juga usaha, pasti ada naik turunnya, ada ramai dan ada sepinya juga bukan? Nah, oleh karena itu, dibutuhkan kecintaan yang mendalam atas usaha yang nantinya sudah berjalan. Bahasa gampangnya, jangan cepat menyerah kalau mendapati rintangan-rintangan dalam usaha.

Selain itu, Anda juga sebetulnya bisa kok mencari penghasilan tambahan sambil bekerja. Karena sekarang ini, ada banyak penghasilan yang bisa didapatkan melalui internet. Sambil bekerja, Anda bisa memanfaatkan jaringan internet untuk mencari penghasilan tambahan. Tapi tentunya harus hati-hati juga, karena tidak semua penawaran penghasilan tambahan di internet itu benar. Mungkin bisa Anda mulai dari yang sederhana, misalnya memasarkan barang-barang dari rekan atau orang yang Anda kenal melalui internet. Tanpa keluar banyak modal, Anda bisa mendapatkan komisi penjualan. Mbak Sulasmi, tidak ada tujuan yang tercapai tanpa langkah awal. Semoga sukses untuk usahanya dan salam dari saya.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

46 Komentar »

  1. cecep berkata

    assalamuallaikum,saya mau ngasih saran ni, mau ya contoh2 usaha juga di tampilkan ya pak!!!.

  2. ningsih berkata

    Salam kenal..

    Mbak bisa usaha sambilan dengan membuat krupuk bawang, karena itu sudah saya tekuni selama 2 minggu ini, hasilnya juga lumayan, minimal laba bersih Rp 15.000,- per hari memang sih, pertama-tama capek tapi sekarang saya sudah mulai ada peningkatan padahal saya baru 2 minggu menjalaninya, saya menawarkan krupuk buatan saya ke teman-teman lalu ke penjual soto, mie , dll.
    Sekarang saya sudah ada yang bantu 2 orang,ya walaupun baru bisa kasih upah kecil tetapi paling tidak bisa untuk tambahan pendapatan mereka juga.
    kalau mbka tertarik silahkan kirim email ke alamat y_budiningsih@yahoo.com
    saya akan kasih resepnya, be passion ya……… GBU

  3. dipaksamelacur. berkata

    okeh mba` anda punya HP dan harus menyuapi dengan pulsa setiap bulanNy. ya itu harus, mesti, kudu wajib kalo ngga mau no HP yg udah tenar ngga aktif lagi. saya ngga maksa sebab pemaksaan ngga baek.

    NAH justru ntu saya kasih masukan, coba ikut dynasis udah pendaftaran Gratis. bisa menghasilkan Rp.
    mba` dan siapa saja cuma rubah cara beli pulsaNy, yang biasa u/ membeli pulsa harus mencari kios atau gray pulsa. cukup sms ke dynasis berapa yg sampean dan kisanak mau -jreng- langsung masuk, kaya isi pulsa elektrik. mudah bin gampil kan.
    NAH cara dapet Rp gimana. gini – gini itu pulsa yang tadi barusan diisi bisa sampean dan kisanak jual lagi dengan harga pasaran ke pendekar2 yang laen.
    di jamin ngga pake rugi, lah wong iki bisnis modal Rp 0,-

    http://www.dynasis.biz/?id=noura
    coba url ini di sini banyak penjelasan yg saya maksud diatas.

    YM : paladinasik
    email : tigabelasangkasial@gmail.com / fahmi.mrk@pwi.co.id
    hp : 087878722283 / 021 91761611

  4. abu hafza berkata

    mungkin anda bisa coba bisnis saya ini
    mudah dan tidak perlu banyak modal
    dengan kemauan dan kerja keras
    saya yakin anda pasti bisa dan sukses

    semua ada di :
    http://www.trikmenjadikaya.blogspot.com

    coba aja
    anda baca dulu baru putuskan
    terima kasih

  5. prihatinku berkata

    wah hebat

  6. dadung berkata

    siang pak, saya seorang karyawan percetakan ,saya ingin usaha sampingan untuk menghidupi 2 orang anak dan istri ,rumah masih ngontrak dikarenakan gaji saya jauh dibawah umr.usaha apa yang bisa saya lakukan ,dan juga agar istri punya usaha sampingan .
    masalah saya ingin usaha terbentur karena modal. saya suka dengan pemasaran tetapi waktu saya habis dengan tempat saya bekerja. tolong jawabanya .
    saya ucapakan terima kasih

  7. TIARA berkata

    MBAK JGN GILA DONG

  8. TIARA berkata

    MBAK JANGAN LUPA BAWAKAN KRUPUK BAWANGNYA YA!!!!!!!!!!!!!!!!!!…………..and jangan lupa krm plz di no ini y!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!081330428022/0857852380677 tak tunggu ckrng y

  9. Adi berkata

    Berawal dari yang kecil lama-lama menjadi besar. Saya sangat setuju dengan konsep bisnisnya mbak ningsih dan ada keinginan untuk terjun seperti mbak ningsih. Namun saya terkendala oleh waktu.
    saya ada waktu luang pada hari libur sabtu-minggu, kira-kira ada rekan yang bisa kasih gambaran usaha apa yang cocok.
    Thanks!

  10. arif berkata

    untuk bu ningsih, bagus jg usahanya, sama seperti ibu saya, lumayan jg penghhasilanya, oya saya mo tanya nih? kira kira apa ya usaha yang bgus buat yang gemar bermain alat musik, saya bekerja di salah satu perusahaan swasta, tapi penghsilan saya blm mencukupi untuk kebutuhan keluarga, wktu saya habis untuk pekerjaan saya, liburnya cm hari sabtu n minggu, tolonh donk pak ghozali sarannya????????

  11. abdulkhoir berkata

    coba bisnis saya ini mudah dan tidak perlu banyak modal,
    gampang, tak perlu banyak waktu, cukup beberapa menit online di internet

  12. abdulkhoir berkata

    anda bisa coba bisnis saya ini mudah dan tidak memerlukan banyak modal,
    gampang, tak perlu banyak waktu, cukup beberapa menit online di internet

  13. abdulkhoir berkata

    gabung aja di bisnis saya ini, sangat gampang, cukup beberapa menit online di internet anda bisa mendapat penghasilan yang cukup lumayan

  14. siera berkata

    Pa, saya ingin pintar mengelola keuangan yang baik. Karena saya trus terang termasuk boros. Bagaimana caranya? Saya punya suami dan anak 1. Tetapi suami saya hanya memberi uang untuk makan saja sehari 10.000. Itupun setiap hari diberi. PLN dan PDAM dia yang bayar. Sedangkan jajan anak dari situ juga. Gimana ya pak.
    TK saran dan masukannya

  15. tion berkata

    bang…. kira2 apa usaha sampingan yg bisa saya lakukan dari jam 15.00 sampai 22.00

  16. Umpu Kakah berkata

    Buat Tion, buka counter pulsa aja di teras rumah.

  17. bebe berkata

    pa abdulkhoir bisnis apa yg bpk maksud bisa kasih informasi??

  18. tia berkata

    coba aj bisnis yg satu ne, soalny mba kn seorang operator warnet,tentu mba berkecimpung d internet setiap hr…
    kalau mba tertarik,silahkn kunjungi url ini
    http://www.muslimpromo.com/?ref=4848

    coba aj dibaca dulu, br mba putuskan..

  19. Miswanto berkata

    Coba kunjungi yang satu ini http://www.depositekstra.com/?ref=413 dijamin ok….

  20. Maria berkata

    Mbak saya ingin mengenalkan BISNIS PULSA ELEKTRIK yang banyak orang ikuti…modal nya sangat kecil hanya 100.000, mbak bisa JUAL pulsa ke semua operator dengan nominal yang berbeda-beda…

    Bagaimna dengan hrganya? Sanagat murah….Bisa email ke saya untuk mnta list hrganya di
    pulsaelektrik@ymail.com
    021-98811795 / 08179898759
    YM : imoutz_maria@yahoo.co.id

  21. Muslimin berkata

    Tak kalah dasyat coba yang ini http://www.bisnis2121.com/internetmarketing/?id=liem

  22. Assalamu’alaikum……….
    leh ikut gabung gak????

  23. ucip berkata

    Om Muslim, bisnis apa itu ya ???

  24. carles berkata

    ikut dong mas ucip…

  25. Muslim berkata

    Sebuah Konsep bagaimana kita membangun sebuah bisnis, bagaimana tips dan triknya dengan mentor Pak Valentino Dinsi yang mengarang Jangan mau jadi orang gajian

  26. Muslim berkata

    Silahkan di kunjungi saja websitenya kalau mau tahu lebih banyak

  27. ricky aprilliansyah berkata

    saya membuka usaha jual beli barang-barang bekas,bagi ya berminat bisa menghubungi saya di087878610420…di tunggu ya.

  28. imam susanto berkata

    yang dimaksud brg bekas jenis apaan ricky
    apa otomotif, elektronik atau yang lain.
    tlg penjelasannya barang kali aku berminat

  29. dio berkata

    aq juga lagi bingung buat buka usaha nich…….
    mungkin untuk pemula bgt. usaha kecil2an aja. aq punya hobi bikin2 kerajinan tangan gitu. Apa ya yg cocok?

  30. Yudhie berkata

    Usaha jual pulsa elektrik bro, mudah murah cepat lengkap sluruh nusantara so psar msh luas kan, yudi 08121230004

  31. setyawatiningsih berkata

    ning berkata,

    Usaha jual pulsa elektrik lumayan kok, sekarang ini aku tertarik usaha mba ningsih tadi krupuk bawang

  32. hagus berkata

    Coba njenengan lihat solusi saya yang sederhana ya..
    simpulkan sendiri dan sms saya jika belum jelas.
    semoga bermanfaat

  33. Tina berkata

    Jual pulsa elektrik aja lumayan koq. Aku jg jual bnyak bonus yg kita dapat. Aku ada refrensi kalau mau jual pulsa coba klik di

    http://www.pulsagram.com/indexwj9774.htm

  34. yudi berkata

    Maaf ya…ikut share iklan.

    Kalau untuk Pemula maupun Gaptek cukup modal 150rb untuk bisa belajar bisnis online. Caranya daftar di RahasiaWebsitePemula

  35. doelNgendikan berkata

    mau keberhasilan???
    emang awalnya susah cri pekerjaan sampingan,tp klo kita usaha cari sana-sini ,isyaALLAH pasti dikasih kemudahan.
    hal terpenting
    1. brusaha cri info di news paper,intrnet magazine etc
    2. nanyan ketman yg anda kenal
    3. ga ush malu dan hrus ykin n PD
    dah,itu dulu dr sya.met berjuang and good luck

  36. zzz berkata

    Gabung sama kami,,
    Dalam IPANELONLINE,,
    Meskipun keuntungannya tidak terlalu besar,,,namun menjamin adanya pembyaran atas usaha anda…
    Untuk info lebih lanjut,,silahkan gabung dan ikuti langkah selanjutnya :

    http://id.ipanelonline.com/register.html?inviter_id=1177849
    Setelah itu lakukan minimal 5 survei untuk mendapatkan tambahan poin yang banyak
    Dijamin gratis dan terbukti

  37. reno adytia berkata

    mana aku reno tolong yang butuh karyawan aku bisa ,
    dan aku bisanya malam karena aku siangnya kerja,

    aku lagi mencari sampingan untuk modal usaha aku tolong aku butuh banget

    kalau pinggin tahu profil aku ya anda buka aja fb aku reno adytia

    atau renoadytia@gmail.com

    makasih

  38. oh…ya ada usaha sampingan yg cukup lumayan jualan minuman cincau hitam pakai sirup & es. ya lumayan juga kalau jual hrg.per gelas 2 rb. dari pembelian 20 orang aja sdh dat hasil 40 rb,padahal modal nya kecil cuman 9 rb,- kalau mau coba ?

  39. trisnandika berkata

    Maaf, ikut share juga ya… :) disini saya juga ada info mengenai bisnis sampingan, namanya JSS-Tripler. Bisnis ini sangat menarik sekali bagi saya, karena dengan melihat bukti Pay Outnya saya ikut bergabung jadinya. Untuk infonya silahkan kunjungi blog saya ya….

    http://trisnandika-free.blogspot.com/2012/02/justbeenpaid-jss-tripler-program.html

    Semoga Bermanfaat :)

  40. CaraJualPulsa berkata

    Alhamdulillah menambah wawasan, ternyata memang banyak yang bisa diusahakan.Trims infonya

  41. suprapto berkata

    Dicari Agen / Reseller Alarm Rumah Anti Maling di Seluruh Indonesia.

    Maaf, ini BUKAN MLM atau Money Game dan sejenisnya!

    Harga grosir 1 buah alarm rumah anti maling @ Rp 7.000,-.

    Harga Jual Eceran ke Konsumen (End User) @ Rp 25.000,- sd Rp 50.000,-.

    CONTOH PERHITUNGAN:

    Harga Agen @ Rp 10.000,- + bea kirim (misalnya Rp 10.000,- / 20 = @ Rp 500,-) = Rp 7.500,-

    Harga Jual Eceran ke Konsumen (End User) @ Rp 50.000,-.

    Potensi keuntungan penjualan Rp 42.500,- per unit.

    Bila rata-rata produk terjual 2 unit per hari maka potensi keutungan adalah 2 x Rp 42.500,- = Rp 85.000,- per hari atau Rp 2.550.000,- per bulan.

    Bila rata-rata produk terjual 3 unit per hari maka potensi keutungan adalah 3 x Rp 42.500,- = Rp 127.500,- per hari atau Rp 3.825.000,- per bulan.

    Bila rata-rata produk terjual 4 unit per hari maka potensi keutungan adalah 4 x Rp 42.500,- = Rp 170.000,- per hari atau Rp 5.100.000,- per bulan.

    Bila rata-rata produk terjual 5 unit per hari maka potensi keutungan adalah 5 x Rp 42.500,- = Rp 212.500,- per hari atau Rp 6.375.000,- per bulan.

    Bila rata-rata produk terjual 6 unit per hari maka potensi keutungan adalah 6 x Rp 42.500,- = Rp 255.000,- per hari atau Rp 7.650.000,- per bulan.

    Dst.. LUAR BIASA…

    SISTEM PENJUALAN:

    Sistem penjualan produk bisa dilakukan dengan beberapa cara:

    1. Penjualan langsung tanpa tenaga sales, yaitu penjualan langsung kepada konsumen yang dilakukan oleh Agen sendiri. Bisa dijual kepada tetangga, kerabat, teman kantor, dll. Sasaran konsumen adalah orang yang memiliki rumah.

    2..Penjualan langsung dengan tenaga sales. Agen bisa merekrut tenaga sales untuk menjual produk secara Direct Sell door to door di kompleks-kompleks perumahan, dengan sistem komisi penjualan. Harga jual produk merupakan dihitung dengan sistem bagi hasil (sales dapat Rp 20.000,- anda dapat Rp 20.000,-, yang Rp 3.000,- disimpan untuk point bonus sales). Dengan demikian sales memiliki potensi keuntungan Rp.20.000,- per unit + akumulasi point bonus diberikan seminggu sekali (diambil dari Rp 3.000,- per produk). Sistem ini biasanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien, karena merupakan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan antara Agen dengan Sales.

    3.Produk dipajang di warung, kios, atau toko milik Agen. Sistem promosinya dengan penyebaran brosur-brosur atau pemasangan iklan di surat kabar

    jika ingin pesan produk hubungi 081310437650

  42. Rio berkata

    wah..idenya bagus-bagus tuh..
    yang ini juga bagus buat usaha sampingan http://riocandrawirawanblog.blogspot.com/2012/06/cara-untung-bayar-tagihan.html

  43. Master Pulsa berkata

    Peluang Bisnis Pulsa, Pembayaran PLN Prabayar & Pasca Bayar, Game On Line….hanya dengan 1 Chip……
    yang berminat kunjungi
    http://masterpulsa.weebly.com/

  44. Ayok berkata

    saudaraku… Ayo bangkitkan ekonomi bangsa Indonesia.. Dengan berkoperasi dan kemandirian bangsa kita bisa jaya.. klik http://bizpoin.blogspot.com untuk memiliki usaha atau ingin mencari peluang usaha melalui Koperasi ekonomi Rakyat Nusantara, Ketua Umum bpk Adisasono (mantan menkop)

  45. dewii berkata

    mau punya bisnis???tapi, modal dari mana??
    nah,sekarang ada bisnis yang sesuai sama hobi kamu ngenet.. dari pada bengong terus .. dri hobi kamu ni bisa ngasilin uang yang cukup lumayan .. dengan modal jujur,rajin sama sabar.. KLIK http://cektkp.com/bisnisbangkitonline . Dijamin deh apa lgii buat dapetin 100rbu-1jta malah kamu bisa dapet uang jajan lebihhh..SELAMAT BERGABUNG.

  46. Elbert berkata

    you are in reality a good webmaster. The website loading velocity is incredible.
    It kind of feels that you’re doing any distinctive trick. Also, The contents are masterwork. you’ve performed a magnificent process
    in this subject!

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

