BERLIAN 1 KARAT

Oleh: Ahmad Gozali

(www.perencanakeuan gan.com)

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Selamat pagi, semoga Bapak berkenan menjawab pertanyaan saya. Kalau boleh tahu, berlian 1 karat di Indonesia harganya berkisar berapa yah? Saya tahu ini tergantung color, clarity dan carat juga, belom lagi cut. Tapi yang ingin saya tanyakan adalah 1 carat misalnya dengan warna F. Berlian 1 carat dengan clarity bagus sangatlah mahal. Cut sih tidak begitu berpengaruh pada harga setahu saya. Setahu saya, di Indonesia harga berlian asli sangat mahal, tapi saya penasaran saja.

Terima kasih Bapak yang baik untuk jawaban Anda.

Ziza-Usa

Jawaban:

Terima kasih atas kiriman pertanyaan dari anda. Dan dengan senang hati saya akan menjawabnya.

Untuk investasi, berlian adalah barang berharga yang sangat jarang disimpan. Hampir tidak pernah ada yang mengoleksi berlian untuk investasi, karena apabila dijual harganya tergantung dari peminatnya. Yang mendasari berlian berharga mahal adalah tergantung dari 5C yaitu, Carat, Cutting, Clearity, Color dan Certificate. Namun yang lebih menonjol adalah apabila anda bisa memahami detail dari Cutting, Color, dan Clarity.

Suatu berlian akan sangat mahal harganya bila memiliki detail dari irisan yang rumit karena semakin rumit irisannya semakin indah pantulannya. Kemudian juga dilihat dari warnanya (color) yang biasanya terbagi menjadi 2 macam antara bening dan agak kekuningan. Color ini memiliki indeks warna dari B sampai dengan G. Indeks B adalah yang berharga sangat mahal atau biasa disebut sebagai Permata Berlian dan yang agak kekuningan memiliki indeks F atau G. Dan yang terakhir adalah kejernihan (Clearity) dari berlian tersebut. Semakin jernih sebuah berlian akan semakin indah untuk dilihat akan anda temukan efek cahaya pelangi didalamnya akibat pantulan cahaya. Kejernihan suatu berlian hanya bisa dilihat semakin jelas dengan kaca pembesar khusus agar terlihat lebih jelas detailnya.

Di Jakarta ada beberapa toko berlian yang bisa anda datangi untuk melihat kualitas berlian anda. Yaitu, Adamas, Frank & Co, Felice dan juga De Beers. Untuk harga, juga tidak bisa dipastikan berapa harganya. Ada yang berharga 1 karatnya $300 ada juga yang melepas dengan kisaran harga $5000. Di toko yang saya sebutkan diatas, anda bisa menemukan berlian yang sudah di potong kecil-kecil untuk perhiasan dengan nilai perpotongnya sekitar $999. Jadi untuk harga, saya sarankan anda menanyakan langsung kepada toko-toko diatas.

Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

1 Komentar »

  1. SEO berkata

    SEO

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

